Bagi seorang web designer, sebuah tools merupakan alat yang penting untuk membantu mereka dalam membuat sebuah website yang disukai oleh kliennya. Tools yang digunakan mereka pun beragam dan tersedia secara online maupun offline.

Perlu diketahui, sebuah desain web merupakan hal yang sangatlah penting, karena seorang web designer dituntut untuk menghasilkan sebuah website yang diinginkan klien baik dari segi responsive, mobile friendly, sampai user friendly. Maka dari itulah seorang web designer membutuhkan bantuan tool untuk membuat website seperti yang diminta oleh klien-klien mereka.

Ada banyak tools yang dapat membantu para web designer menghasilkan sebuah website yang terlihat professional secara cepat. Berikut adalah list tools yang mempermudah pekerjaan seorang web designer dalam mendesign sebuah website.


Sizzy – Sizzy.co

Tools pertama yang membantu seorang web designer adalah Sizzy. Tools ini diciptakan untuk membantu para web designer dalam menghasilkan website yang responsive ketika dibuka dengan smartphone di multiple windows. 

Kreator tools ini adalah Kristijan Ristovski yang menciptakan tools ini berdasarkan pengalaman pribadinya, dia kesal karena harus selalu mengganti device untuk mengetahui apakah website yang dibuatnya sudah responsive atau belum dan mencari bugs pada bagian layouts dan design.


Launchpad- Launchpad.animaapp.com

Tools kedua adalah Launchpad. Alat ini bisa membantu para web designer untuk melihat tampilan website yang mereka buat tanpa memerlukan koding. Ada banyak fitur yang membantu pada tools ini, seperti Breakpoints, Links, Forms, Videos, Analytics, sampai SEO. Anda bisa menggunakan tools ini untuk membantu klien mendapatkan gambaran mengenai website yang nantinya akan mereka miliki.



Photoshop – Photoshop.com

Tools ketiga adalah Photoshop. Ini merupakan tools yang paling sering digunakan oleh para web designer professional dan pemula untuk menciptakan sebuah website yang diinginkan oleh para klien.

Ada banyak fitur yang dapat membantu pengerjaan para web designer dalam mendesign sebuah website di tools ini, mulai dari menciptakan layouts sampai memasukan gambar yang diinginkan para klien. Bisa dibilang, tools ini merupakan tools sejuta umat di dunia web design.

ReView – Responsiveviewport.com

Tools ke empat adalah ReView. Tools ini berbasis javascript dan dapat membantu Anda untuk mengetahui sejauh mana design responsive yang sudah dibuat. Penggunaannya juga cukup mudah, cukup masukan sebaris code ReView.js ke bagian dokumen HTML website.

Jangan lewatkan Jasa Maintenance Website


Task Runner – Gruntjs.com

Tools ke lima adalah Task Runner. Sama seperti ReView, tools ini menggunakan bantuan javascript untuk membantu Anda membangun sebuah konten yang berulang-ulang pada website yang sedang dikerjakan. 

Tools ini cukup membantu meminimalisir waktu kerja Anda karena segala sesuatu yang berhubungan dengan editing bisa dikerjakan dengan menggunakan tools ini. Untuk menggunakan tools ini, cukup download plugin yang sudah disediakan dan tools ini akan mempermudah pekerjaan Anda dalam mendesign sebuah website.

Artikel Menarik Lain: