Apa yang Anda pikirkan ketika ingin membuat sebuah website? Desain yang oke? Konten yang menarik? Atau Anda lebih mengedepankan kenyamanan para user? Akan tetapi, pernahkah Anda berpikir bagaimana sebaiknya Anda memberikan warna pada website yang sedang dikerjakan?

Warna merupakan aspek yang penting dalam suatu website disamping konten, akses yang mudah, sampai desain. Anda harus bisa mengatur bagaimana warna yang sudah Anda pilih sesuai dengan website dan tidak membuat mata menjadi sakit. Ada banyak pilihan kombinasi warna yang bisa Anda pilih untuk diimplementasikan ke dalam website yang sedang Anda kerjakan.

Jika Anda masih bingung, mungkin Anda bisa mengikuti tips berikut untuk mendapatkan warna yang pas bagi website Anda.

Perhatikan Kontras

Setiap warna memiliki kontras yang berbeda. Oleh karena itu Anda harus bisa memperhatikan setiap kontras warna yang digunakan, apakah itu sudah seimbang atau belum. Pastikan warna yang sudah dipilih tidak membuat sakit mata para user / pengunjung website Anda dan selalu gunakan warna yang agak gelap / tidak terlalu terang. Perhatikan juga warna primer, sekunder, tersier, dan netral.



Maksimal Warna yang Digunakan Tak Lebih dari 3

Bayangkan Anda membuka sebuah website dengan kombinasi warna yang sangat banyak, mulai dari merah, kuning, biru, oranye, hitam, dan lainnya. Apakah Anda akan betah untuk terus membaca konten atau informasi yang ada pada website tersebut? Tentu saja tidak bukan? Oleh karena itu, maksimal warna yang biasa digunakan adalah 3 macam. Usahakan warna yang mendominasi merupakan warna netral dengan warna lainnya sebagai pendukungnya.

Selalu Gunakan Aplikasi untuk Mendapatkan Kombinasi Warna yang Ideal

Saat ini sudah banyak sekali aplikasi atau software yang dapat membantu Anda mendapatkan kombinasi warna yang pas untuk website Anda. Sebut saja Flatuicolors.com, Colourlovers.com, sampai Adobe. Semua apliaksi ini dapat membantu Anda untuk menemukan kombinasi warna yang pas dan sesuai dengan brand atau image website Anda. Cara penggunaan semua software / website itupun relatif mudah.


Kira-kira seperti itulah tips yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan kombinasi warna yang ideal untuk website Anda. pastikan Anda selalu bisa mendapatkan kombinasi warna yang pas supaya para user betah mengunjungi website Anda.

Artikel Menarik Lain: