Bagi kamu-kamu yang mempunyai website maupun blog pribadi, coba cek dahulu tampilan atau design website / blog kalian. Apakah sudah user friendly belum? Kalau sudah, bagus. Tapi kalau belum, coba deh ganti tampilan website atau blog kalian menjadi lebih user friendly.

User Friendly. Mungkin dikalangan banyak kalangan yang masih belum tahu apa maksudnya atau arti dari kata ini. User friendly merupakan suatu kondisi dimana kita bisa menggunakan sesuatu dengan mudah dan nyaman. Entah itu menggunakan software, operating system, sampai website. Tujuannya hanya 1, yaitu mempermudah kita dalam mencari sesuatu atau informasi yang penting dan menampilkan hasil yang sesuai dengan keinginan kita.

Pada jaman sekarang ini, segala sesuatunya sudah harus user friendly, mulai dari penggunaan tools sehari-hari (software atau aplikasi), handphone, sampai internet. Jadi tidak salah sekarang banyak sekali kalangan yang mencari sesuatu yang dapat mempermudah hidup mereka atau tidak merepotkan mereka sama sekali.

Website kita pun tentunya termasuk kedalamnya. Design website yang unik dan tidak ribet tentu banyak dicari oleh banyak orang. Semua orang menginginkan website yang responsive dan mempermudah mencari tahu mengenai sesuatu hal yang kita inginkan.

Lebih Lanjut Mengenai: Jasa Digital Marketing dan Promosi Web

Berikut ini adalah beberapa tipe atau ciri website user friendly yang telah kami himpun sebelumnya:


1. Memiliki compability atau kecocokan dengan handphone maupun browser.

Sekarang ini banyak sekali kalangan masyarakat yang mengakses internet untuk mencari informasi-informasi up to date melalui handphone atau perangkat mobile mereka. Oleh sebab itu website atau blog yang kita buat haruslah memiliki kecocokan untuk bisa dibuka melalui browser di handphone atau istilah lainnya yang sudah dikenal adalah Mobile Friendly.

Untuk mengetahui apakah website Anda sudah mobile friendly cukup mudah. Tinggal buka saja website Anda via aplikasi browser di handphone dan lihat tampilan atau design website Anda.

2. Dapat diakses oleh banyak user.

Website yang user friendly dapat dengan diakses dengan mudah oleh banyak user dari berbagai macam kalangan.

3. Memiliki struktur informasi yang jelas.

Struktur informasi yang jelas dalam suatu website yang user friendly itu perlu. Atur sedemikian rupa informasi-informasi yang ingin Anda tampilkan di website maupun blog Anda supaya banyak kalangan dapat dengan mudah mencari informasi yang mereka inginkan. Jangan lupa tambahkan juga fitur “Search”.

4. Konten website yang rapi.

Konten website yang rapi harus ada di setiap website atau blog yang user friendly. Jangan harap Anda akan mendapatkan banyak traffic jika konten dalam website Anda berantakan dan tidak up to date. Usahakan agar Anda mengatur konten-konten di website atau blog dengan apik serta rapi dan juga jangan lupa untuk mengupdate konten Anda secara berkala.

Lebih Lanjut Mengenai: Jasa Perawatan dan Maintenance Konten Website

5. Fast Loading Speed.

Website atau blog dengan loading speed yang lama akan ditinggalkan oleh para pengunjung. Banyak pengunjung yang merasa sebal atau kesal ketika menunggu selesainya website loading. Oleh sebab itu buat website / blog Anda memiliki loading speed yang cukup cepat.


6. Navigasi UX/UI yang simple.

Navigasi yang mudah dan simple merupakan keharusan. Gunakan kode JAVAScript atau HTML pada bagian menu untuk mempermudah para pengakses mendapatkan informasi-informasi penting yang mereka mau. Tampilkan juga pilihan menu dan sub-menu di website Anda agar semakin mempermudah akses fitur dan konten di website atau blog Anda.

Seperti itulah kira-kira ciri dari website yang user friendly. Jadi tunggu apalagi? Cepat jadikan blog atau website Anda menjadi lebih user friendly dengan menggunakan jasa kami, DADUWEB, penyedia jasa pembuatan website di Jakarta.

Artikel Menarik Lain: