Hosting website atau blog sudah menjadi keharusan sebelum Anda membuat website. Hal ini cukup sering diabaikan oleh para pemilik website karena menganggap hosting adalah hal kesekian setelah memiliki website dan ini cukup mengganggu. Kalaupun menyepelekan, ada juga yang memilih hosting website sembarangan tanpa memperhatikan service atau layanan-layanan yang mereka berikan.


Professionalisme sebuah perusahaan web hosting sangat penting bagi kelangsungan hidup website atau blog Anda. Jika Anda sembarangan dalam memilih perusahaan web hosting, maka dijamin akan kecewa begitu tahu layanan yang diberikan tidak sesuai dengan harapan kita, karena ada banyak perusahaan web hosting yang bandel dan tidak memperhatikan layanan-layanan yang mereka sediakan.

Untuk memilih web hosting yang baik, ada beberapa tahap atau hal yang harus Anda perhatikan. Anda tentunya tidak ingin kecewa dan tidak ingin website Anda berada di tangan orang yang salah. Berikut adalah hal-hal yang harus Anda perhatikan untuk mendapatkan layanan web hosting yang oke dan professional:


Customer Support

Customer support merupakan sebuah  pihak paling penting di perusahaan web hosting. Melalui merekalah Anda bisa mendapatkan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan Anda mengenai website atau blog Anda jikala ada error. 

Usahakan untuk bertanya ke perusahaan web hosting tersebut mengenai layanan-layanan yang mereka berikan untuk Anda. Perusahaan web hosting yang professional pasti akan melayani, menjawab, dan memberikan solusi kepada Anda setiap dengan cepat.

Price

Harga bukanlah yang utama. Jika harga murah tapi layanan yang diberikan tidak professional tentu akan membuat Anda kecewa. Begitu juga sebaliknya. Jadi jangan jadikan harga sebagai patokan untuk Anda dalam mencari hosting yang professional. Teliti juga dalam mencari paket-paket layanan yang mereka berikan. Carilah yang menurut Anda pas untuk website maupun blog Anda.

Back-Up

Back up merupakan hal terpenting jika Anda memiliki suatu website ataupun blog. Usahakan supaya Anda mencari perusahaan web hosting dengan backup yang cukup supaya data-data atau history di website Anda tidak hilang atau terhapus. Usahakan juga untuk selalu bertanya kepada penyedia hosting seberapa sering mereka melakukan back up.

Lebih Lanjut di: Solusi All-in-One Daduweb


Server

Usahakan agar mencari layanan web hosting yang tidak sering down dan memiliki kecepatan loading yang mumpuni. Karena jika website Anda sering down karena server yang overload merupakan kerugian yang cukup besar. Tanya ke penyedia apakah servernya stabil dan kecepatannya oke. Selain itu server pada hosting terdiri dari 2 jenis, yaitu lokal dan internasional.

Bedanya adalah jika hosting website / blog Anda ada di server lokal, maka hanya orang dalam negeri saja yang bisa mengaksesnya, untuk yang berada di luar negeri tidak dapat. Jika Anda menggunakan server internasional, semua orang  baik di dalam maupun luar negeri bisa mengaksesnya tanpa error, akan tetapi loadingnya lumayan lama. Pikirkan dengan bijak Anda ingin yang mana, karena ini juga memiliki hubungan dengan SEO (Search Engine Optimization).

Security

Keamanan website Anda sangatlah penting. Apalagi dengan menjamurnya cracker di luar sana yang suka berlaku iseng. Anda harus bertanya ke pihak hosting apakah mereka memiliki tim keamanan website untuk dapat menangkal atau mengetahu aktifitas tak wajar di jaringan mereka.

Storage

Kapasitas adalah hal yang cukup penting dan Anda harus memastikan bahwa pihak hosting memiliki kapasitas yang cukup untuk menyimpan atau menampung file-file dari website Anda. Usahakan Anda memiliki kapasitas 2 sampai 3 GB untuk website dan 1 GB untuk blog.

Kira-kira seperti itulah hal yang harus Anda perhatikan dalam memilih perusahaan atau penyedia web hosting untuk website Anda. Percuma memiliki website dengan tampilan yang oke tapi ketika sering diakses down atau error. 

Tentu sangat menyebalkan bukan?  Tapi tak perlu takut, karena pada saat ini sudah banyak perusahaan web hosting yang terpercaya dan professional untuk menampung website maupun blog Anda, seperti Dracoola, Rumahweb, Hostgator, dan lain-lainnya. Mudahkan proses bisnis anda dengan menyerahkan semua perawatan website ke profesional. Jasa maintenance website kami memberikan kemudahan untuk memperlancar bisnis Anda tanpa harus memperumit pekerjaan sehari - hari.

Artikel Menarik Lain: