Pernahkah Anda mengakses sebuah website, tapi ternyata loadingnya cukup memakan waktu? Bukankah Anda akan merasa kesal? Apalagi jika membutuhkan sebuah informasi penting bagi usaha / bisnis Anda. sangat menyebalkan bukan?

Ternyata ada banyak hal yang bisa membuat sebuah website memiliki loading speed yang cukup lama, entah itu karena masalah koneksi atau memang website tersebut sedang mengalamai overload. Bagi Anda yang memiliki sebuah website tentunya tak ingin website yang dipunyai memiliki masalah yang sama bukan?

Menurut penelitian, loading speed website yang lama bisa berpengaruh pada kegiatan yang user lakukan di website Anda, apalagi jika kegiatan yang dilakukan adalah membeli produk yang dimiliki. Untuk bisa mengatasi masalah ini, sebaiknya Anda mengetahui dahulu cara simple untuk mempercepat loading speed pada website Anda:


Kurangi Resolusi Gambar

Cara pertama adalah mengurangi resolusi gambar yang ada pada website Anda. Usahakan agar gambar yang Anda miliki tidak lebih dari 3MB. Pastikan setiap gambar pada website Anda sudah dioptimasi dari segi ukuran dan juga resolusi. Gambar yang berukuran kecil memberikan dampak yang cukup efektif dalam mempercepat loading speed website Anda. jika website yang Anda miliki adalah website e-commerce, maka maksimalkan proses optimasi gambarnya supaya proses atau kegiatan jual beli tidak terhambat oleh lamanya loading speed website Anda.

Hapus Plugin Tidak Penting

Cara kedua adalah dengan menghapus plugin yang tidak diperlukan di website Anda. pastikan Anda selalu mengecek plugin apa saja yang terinstal dan hapus plugin yang Anda rasa tidak perlu atau tidak memberikan efek apa-apa ke website Anda. plugin yang sedikit terbukti bisa mempercepat proses loading speed website Anda secara signifikan.


Pilih Layanan Hosting yang Professional

Percaya atau tidak, pilihan hosting website Anda juga berpengaruh ke kecepatan loading speed website Anda.  Sekarang ini sudah banyak muncul layanan hosting yang menyediakan layanan host website di server-server internasional ataupun lokal. 

Tapi janganlah tergiur,pastikan Anda tanya terlebih dahulu bagaimana kestabilan koneksi antara server tersebut dengan kita dan juga kapasitas yang digunakan. Pastikan bahwa layanan hosting yang Anda gunakan itu professional dan tidak abal-abal.


Kira-kira itulah 3 cara simple untuk meningkatkan loading speed website Anda. jika memang website Anda memiliki loading speed yang cukup lama, jangan lupa untuk melakukan hal-hal yang disebutkan diatas.

Jika Anda mengalami masalah dengan kecepatan loading website Anda, tak perlu khawatir! Ardakom, mitra terpercaya dalam pembuatan website profesional, siap membantu Anda mengatasi masalah tersebut. Dengan tim yang ahli dan berpengalaman, Ardakom tidak hanya menawarkan jasa pembuatan website yang responsif dan estetis, tetapi juga memastikan bahwa website Anda memiliki kecepatan loading yang optimal.

Artikel Menarik Lain: