4 Sebab Online Shop Anda Sepi Pembeli (Dan Cara Memperbaikinya)

Online shop merupakan sarana kita bagi para pebisnis di internet yang menjual berbagai produknya secara online, online shop tidak seperti toko biasa di pinggir jalan yang siapa saja bisa lewat dan membeli. Online shop membutuhkan kunjungan atau traffic dari pada netizen agar bisa menemukan online shop Anda,

Berbagai metode mungkin telah di lakukan dari menggunakan Google AdWords , Facebook Ads maupun SEO, jumlah pengunjung ke website online shop Anda pun mengalami kenaikan. Namun mengapa dari banyaknya traffic tapi produk online shop Anda tidak juga meningkat.

Analogikan online shop Anda dengan sebuah toko di sebuah pusat perbelanjaan yang banyak orang lalu lalang, namun tetap saja barang dagangan Anda tidak laku. Bagi Anda yang mengalami hal seperti itu coba cek kembali apakah Anda menemukan kesalahan-kesalahan umum yang membuat online shop Anda sepi berikut ini:

 

1.  Loading Website Lama

Para pemilik toko online menginginkan website mereka bagus dengan memasang berbagai gambar, widget, flash dan hal lainnya yang bertujuan agar setiap pengunjung website terpukau dengan design toko online Anda, namun hal yang mesti Anda tahu koneksi internet di Indonesia masih belum stabil dan cenderung lambat.

Hal ini berdampak beberapa pengunjung yang telah datang di online shop Anda tidak jadi membeli karena loading pada toko online Anda tidak kunjung selesai dan akhirnya memutuskan untuk menutup jendela browser toko online Anda.

Solusi : Cara mengatasinya adalah dengan merombak kembali online shop Anda dengan template atau tampilan yang lebih simple dan minimalis tanpa menghilangkan estetika pada websie toko online Anda. Hal ini bisa di diskusikan kembali para web developer tempat Anda menbuat toko online sebelumnya.

Hoalaman utama e toko online umumnya menampilkan berbagai foto produk terbaru. Sebaiknya, penjual mengupload  foto yang berukuran sedang dengan resolusi maksimal 72.  Agar  situsnya tak memiliki load berlebih dan foto produk masih tetap terlihat jelas.

2. Toko Online Yang Tepat Untuk Customer

Kesalah para pembuat toko online terkadang mencampur adukan barang dagangan sehingga para customer mengalami kesulitan dalam mencari barang atau produk yang ia perlukan.  Terlebih lagi apabila online shop tersebut memiliki navigasi yang rumit yang membuat customer kebingungan untuk mencari produk yang ia butuhkan.

Solusi : Buatlah website yang mudah di kunjungi dengan navigasi yang sederhana tanpa menyulikan customer untuk mencari barangnya , bila Anda memang membuat toko online yang menjual berbagai produk yang berbeda maka buatlah kategori yang jelas agar para customer tidak kebingungan untuk mencari barang yang hendak di beli

3.Online Shop Tidak Terpercaya

online shop berbeda dengan toko yang ada di Mall atau pusat perbelanjaan yang semua orang bisa tahu dan berbicara langsung dengan penjualnya. Salah satu penyebab utama online shop sepi pengunjung karena website toko online tersebut tidak terpercaya dengan desain yang “SEDERHANA”, menggunakan penyedia website gratisan, domain gratisan atau tidak di cantumkan nomor telepon penjual .

Solusi : Buatlah toko online dengan design yang baik, menggunakan hosting dan domain berbaya dan tidak lupa sertakan nomor telepon yang jelas. Lebih baik lagi jika ada testimonial atau penghargaan pada website tersebut.

4.  Pembayaran Terbatas

Hanya Mempunyai 1 rekening, ternyata adalah salah satu faktor mengapa toko online Anda sepi pembeli, karena Anda tidak memiliki alternatif pembayaran. Jangan sampai Anda kehilangan pembeli karena mereka tidak mau membayar fee pembayaran antar bank

Solusi : Sebaiknya, pemilik toko online menyediakan beberapa alternatif pembayaran berupa variasi nomor rekening dari bank yang berbeda, khususnya bank-bank yang tidak melayani transfer dengan jenis bank tertentu.

Demikianlah berbagai sebab online shop Anda sepi pembeli dan juga solusi yang kami berikan, semoga bermanfaat untuk online shop Anda. Terima Kasih

 

Written by