Ini Dia 3 Jenis E-commerce yang Banyak Digunakan di Indonesia

Ini Dia 3 Jenis E-commerce yang Banyak Digunakan di Indonesia

Sebagai bisnis yang mengalami kemajuan pesat dibanding jenis bisnis lainnya, e-commerce memang patut mendapatkan apresiasi dari prestasinya tersebut. Terlebih, banyaknya kemudahan yang e-commerce berikan juga semakin mempermudah kegiatan jual beli masyarakat. Secara tidak langsung, adanya e-commerce ini membuka peluang bagi mereka yang ingin berbisnis dengan modal yang tidak terlalu tinggi. Kemacetan juga bisa berkurang mengingat belanja saat ini bisa dilakukan hanya dengan membuka Google saja.

E-commerce itu sendiri terdari beberapa jenis. Semua jenisnya tentu disesuaikan dengan strategi bisnisnya. Lalu, jenis e-commerce apa saja yang banyak digunakan di Indonesia?

Berikut jawabannya:

 

Social Media Shop

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan banyaknya pebisnis yang menjadikan akun social medianya sebagai wadah dalam mendapatkan rupiah. Ya, inilah salah satu jenis e-commerce yang memang banyak digunakan oleh pebisnis di Indonesia.

Hal ini dikarenakan untuk membuat akun social media atau mengakses social media itu sendiri tidaklah sulit. Bisa dikatakan pula bahwa untuk mengakses social media hanya bermodalkan kuota internet saja. maka sangat wajar jika social media shop menjadi salah satu jenis e-commerce yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia.

 

(Baca Juga: Alasan CS Itu Penting untuk Bisnis Online)

 

Classifieds

Jenis e-commerce lainnya yang juga banyak digunakan adalah classified. Maksud dari classifieds itu sendiri adalah istilah yang digunakan untuk e-commerce dari iklan baris. Jenis e-commerce ini juga banyak dimanfaatkan oleh pebisnis e-commerce di Indonesia untuk memperkenalkan sekaligus mempromosikan produknya.

 

Toko Online B2C

Toko online B2C menjadi jenis bisnis e-commerce lainnya yang banyak digunakan oleh pebisnis e-commerce di Indonesia. Untuk bisa membuka bisnis dengan jenis bisnis toko online B2C ini memang memerlukan dana yang lumayan. Namun hasilnya juga bisa dikatakan lebih mudah dibanding 2 jenis bisnis e-commerce diatas.

 

Selain 3 jenis bisnis e-commerce di Indonesia di atas, jenis bisnis e-commerce lainnya yang juga banyak digunakan di Indonesia adalah shopping mall, serta marketplace C2C. Bagi Anda yang ingin membuka bisnis online, coba pahami dahulu ke 5 jenis e-commerce diatas agar bisa menentukan jenis bisnis e-commerce mana yang akan Anda terapkan.

 

(Baca Juga: 6 Langkah Hasilkan Tampilan Web yang Menarik)

 

Setelah Anda mendapatkan jenis e-commerce yang Anda inginkan, mulailah untuk memikirkan konsep / desain bisnis Anda. Anda dapat melakukan konsultasi juga ke penyedia jasa pembuatan toko online yang professional dan juga terpercaya untuk membantu mendapatkan konsep e-commerce yang Anda inginkan.

Comments for this post are closed.