5 Cara Mudah Meningkatkan Keamanan Website Anda

5 Cara Mudah Meningkatkan Keamanan Website Anda

Pada jaman sekarang ini sudah banyak sekali yang menggunakan website baik itu sebagai identitas ataupun menjalankan bisnis. Website yang digunakan pun beragam jenisnya, mulai dari blog, portal berita, e-commerce / toko online, sampai company profile.

Semakin besar / terkenalnya sebuah website, tentunya akan menjadi sasaran para oknum tak bertanggung jawab yang ingin meng-hack atau mengambil alih website Anda. Oleh karena hal ini, jalan satu-satunya yang bisa kita lakukan adalah menambah atau meningkatkan keamanan website kita supaya tidak bisa ditembus secara mudah oleh para oknum-oknum tersebut.

Berikut adalah 5 cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk menambah keamanan website yang Anda miliki. Apa sajakah itu?

 

Pilih Layanan Web Hosting yang Terpercaya

Setiap web tentunya memiliki sebuah hosting yang berguna untuk menyimpan berbagai macam data (gambar, database, e-mail, dll) yang penting / diperlukan sebuah website. Lalu apa hubungannya keamanan website Anda dengan hosting? Begini, jika layanan web hosting yang Anda pilih abal-abal atau tak terpercaya, maka ada kemungkinan website Anda bisa ditembusi oleh para hacker untuk mencuri data-data penting yang ada di dalamnya. Oleh sebab itu, untuk mencegah hal seperti ini terjadi, selalu pilih layanan web hosting yang terpercaya. Lengkapnya mengenai layanan web hosting, bisa Anda baca secara lanjut di post ini – http://www.daduweb.com/hal-yang-harus-diperhatikan-dalam-memilih-hosting/

 

Ganti Protokol HTTP ke HTTPS

HTTP atau yang dikenal sebagai Hypertext Transfer Protocol merupakan sebuah kode protokol yang mengatur bagaimana sebuah pesan di format dan ditransmisikan dan apa yang harus dilakukan sebuah server dan browser untuk merespon / menanggapi perintah-perintah yang diberikan. HTTP merupakan protokol yang paling banyak digunakan oleh situs-situs website di dunia. Sedangkan HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) merupakan kode protokol yang lebih aman dibandingkan HTTP. HTTPS menggunakan protokol kriptografi yang bernama SSL (Secure Socket Layer) dan TLS (Transport Layer Security). Kode protokol HTTPS cocok untuk digunakan pada website e-commerce Anda karena bisa menjaga 3 hal, yaitu autentikasi server, kerahasiaan data, sampai integritas data.

 

Menggunakan File .htaccess

.htaccess merupakan sebuah file yang dikembangkan oleh Apache HTTP Server yang berfungsi untuk mengatur data-data yang ada pada website Anda. Biasanya, file ini disimpan pada bagian root direktori website Anda dan memiliki fungsi yang sangat banyak. Salah satu fungsinya yang dapat meningkatkan kemanan website Anda adalah melakukan pembatasan akses folder-folder penting yang ada di website kita. Cara? Cukup simpan file .htaccess ini ke dalam folder-folder berisikan data penting yang dimiliki dengan menggunakan bantuan code:

Order deny,allow

deny from all

 

Ganti Username & Perkuat Password CMS

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan keamanan website Anda adalah dengan mengganti password admin CMS website. Usahakan password yang Anda gunakan unik dan kuat sehingga menyusahkan para peretas untuk membobol website Anda. Gunakan kombinasi angka, simbol, sampai huruf besar dan kecil pada password Anda. Selain itu, ganti username Anda dan jangan pernah menggunakan username “Admin”.

 

(Baca Juga: Content Management System (CMS) Untuk Website, Apa Sih Itu?)

 

Backup Secara Berkala

Upayakan untuk melakukan backup secara berkala untuk mencegah hilangnya data-data penting Anda. Backup bisa Anda lakukan 1 bulan sekali untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti hilangnya file-file penting yang ada di dalam web Anda.

 

Nah seperti itulah 5 cara yang dapat meningkatkan kemanan website Anda. Masih ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan keamanan web Anda, namun cara-cara yang disebutkan diataslah yang ampuh untuk menjaga keamanan data-data Anda. Selamat mencoba!

Comments for this post are closed.